Legenda Musik Indonesia - D I A K U I N

Thursday, December 12, 2013

Legenda Musik Indonesia

Padahal saya pengen banget share sebanyak mungkin Legenda-Legenda Musik Indonesia, namun untuk saat ini saya share 2 dulu ;) maklum tugas numpuk, ujian deket pula, hehe. 
Berikut 2 Legenda Musik Indonesia yang berhasil dirangkum DIAKUIN

1. Padi

Legenda Musik Indonesia

Padi adalah salah satu kelompok musik (band) dari Indonesia. Personil Padi terdiri dari Ari (gitar), Fadly (vokal), Yoyo (drum), Rindra (bas), dan Piyu (gitar). Kelompok ini memulai debut mereka di dunia musik Indonesia di penghujung tahun 1990-an melalui single "Sobat" dalam album kompilasi indie ten dan dianggap membawa warna baru dalam dunia musik Indonesia. Jalur musik yang dipilih adalah pop-rock. 

youtube.com

Dibentuk 8 April 1997, grup ini merupakan wadah kreativitas seni lima mahasiswa Universitas Airlangga, Surabaya. Semula bernama 'Soda', namun kemudian diganti menjadi 'Padi' ("Padi makanan orang susah," demikian kata salah seorang di label rekaman saat piyu menawarkan demo lagunya). Nama ini dipilih juga karena bersifat "sangat membumi". Lebih jauh, mereka tidak hanya mengambil filosofinya saja, semakin berisi semakin merunduk, tapi juga melihat fungsinya yang melambangkan kesejahteraan.

Diawali dari bermain musik dari satu panggung ke panggung lain, grup ini akhirnya dikontrak untuk masuk dunia rekaman.

Album-album Padi cukup sukses menembus pasar musik Indonesia. Beberapa pengamat menyimpulkan aransemen musik padi yg dinamis dan lebih kompleks dari rata-rata lagu oleh grup band Indonesia yang seangkatan adalah salah satu penyebab kesuksesan tersebut. Pada awal kemunculannya pada tahun 1998 khasanah band Indonesia didominasi oleh lagu-lagu dengan aransemen sederhana dengan tempo sedang cenderung lambat.

Ciri lain band-band Indonesia pada masa tersebut adalah cukup dominannya instrumen keyboard pada band-band terkemuka. Karakter Keyboard/Organ memengaruhi gaya musik menjadi minim distorsi dan cenderung melodik. Hal ini tampak pada band-band pencetak hits saat itu seperti Kahitna, Dewa 19 dengan album Pandawa Lima-nya, maupun Slank sesaat sebelum perombakan formasi di mana Indra Q masih tampil sebagai keyboardist.

2. Sheila On 7

Legenda Musik Indonesia

Sheila on 7 adalah grup musik Indonesia yang berdiri pada 6 Mei 1996. Grup band ini pada awalnya adalah sekumpulan anak-anak sekolah dari beberapa SMA di Yogyakarta. Di awal berdirinya bersatulah lima anak muda, Duta (vokal) berasal dari SMA 4, Adam (bass) dari SMA 6, Eross (gitar) dari SMA Muhammadiyah I, Sakti (gitar) dari SMA De Britto, dan Anton (drum) berasal dari SMA Bopkri I. Mereka sepakat untuk membentuk sebuah band dan membawakan lagu-lagu dari kelompok Oasis, U2, Bon Jovi, Guns N' Roses, dll. Pada waktu itu juga, mereka telah memiliki beberapa lagu-lagu orisinal karya mereka sendiri dan mereka mencoba untuk memperkenalkan dan membawakan lagu-lagu tersebut dengan penuh rasa percaya diri di berbagai pentas.

Berawal dari Adam dan Sakti yang memiliki band bernama "W.H.Y Gank" mengajak Duta ikut latihan band mereka untuk menjadi vokalis. Duta dipilih berbekal cerita Adam bahwa Adam dan Duta merupakan langganan pengisi acara 17 Agustus-an di komplek perumahan mereka, Duta menyanyi dan Adam bermain gitar akustik.

Berbicara mengenai "W.H.Y Gank" saat itu, Adam dan Sakti masih sering bertukar posisi sebagai bassist dan guitarist tergantung dari lagu yang mereka bawakan. Namun kebetulan band yang beranggotakan Adam, Sakti, Duta, dan seorang drummer bernama Agung ini belum sempat mencicipi panggung musik. Mereka baru sebatas latihan di studio, meng-cover version lagu band-band ternama, dan ikut audisi/seleksi untuk bisa tampil di sebuah acara.

Setahun berselang setelah "W.H.Y Gank" sempat vakum beberapa waktu, berkenalanlah mereka dengan Eross (yang nantinya menjadi lead guitar mereka). Mereka berempat kemudian memutuskan untuk memulai sebuah band baru, dan bertemulah mereka dengan Anton sang pemain drum yang dikenalkan oleh Eross pada saat latihan pertama band ini di studio. Setelah latihan pertama selesai inilah mereka memutuskan untuk menamakan band ini dengan nama "Sheilagank", dan menjadikan tanggal 6 Mei 1996 sebagai hari lahir mereka.

"Sheilagank" sempat malang melintang di pensi-pensi dan festival band SMA se-Jateng DIY selama kurang lebih 2 tahun, hingga pertengahan tahun 1998 akhirnya mereka mendapatkan "kontrak rekaman" pertama mereka dengan pihak label Sony Music Entertaintment Indonesia. Mereka kemudian merubah nama band mereka menjadi "Sheila On 7". Nama "Sheilagank" kemudian digunakan sebagai sebutan bagi pendengar setia karya-karya mereka. "Sheila" sebenarnya diambil dari nama teman SMA Eross yang juga adalah teman SD Adam dan Duta. Alkisah, saat pertama Adam dan Eross berkenalan dulu, Adam memanggil Eross dengan panggilan "temannya Sheila ya ?!", dan Eross pun menjawab "kamu temannya Sheila juga ya ?!", sehingga nama tersebut seringkali disebut dalam perbincangan mereka. Sedangkan "On 7" maksudnya adalah "pada 7 nada yaitu do-re-mi-fa-sol-la-si". Sehingga nama "Sheila On 7" kira-kira artinya adalah teman-temannya "Sheila" yang memainkan 7 nada / memainkan musik.

 
 youtube.com

Sheila On 7 sejak awal kiprahnya di kancah musik Indonesia telah menorehkan banyak sekali prestasi, diantaranya menjadi satu-satunya band Indonesia yang mampu menjual album fisik sebanyak lebih dari satu juta copy, tiga album berturut-turut. Mereka juga memiliki pendengar-pendengar setia di negara-negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, dan Brunei.

Namun pada tahun 2004, mereka harus berpisah dengan Anton (drummer) dikarenakan tidak disipilin menurut sang manajer. Saat itu kemudian Brian masuk sebagai additional player mengisi posisi drummer yang ditinggalkan Anton. Brian tampil bersama Sheila On 7 di berbagai tour untuk promo album "Pejantan Tangguh". Album The Very Best of Sheila On 7 (2005) menjadi karir rekaman studio pertama Brian bersama Sheila On 7 sebagai additional player.

Pada tahun 2006, Sheila On 7 juga harus berpisah dengan Sakti karena ia mengundurkan diri di tengah-tengah proses rekaman album "507" dikarenakan keinginan untuk melanjutkan pendidikannya ke Pakistan tak dapat dihentikan. Namun pada saat proses rekaman album "507" itu pulalah Sheila On 7 akhirnya mengangkat Brian menjadi drummer tetap Sheila On 7 hingga sekarang. di tahun 2011 Eross juga sempat mengajak Risky Santoso untuk mengisi Posisi gitaris kedua yang dulu sempat ditinggalkan oleh Sakti,namun Risky sibuk dengan bandnya sendiri dan jarak (Niwa Shady) band asal Tegal Jawa Tengah . Eross dan Risky Santoso dikenalkan oleh salah satu teman dekat Eross Dan Risky. Sheila On 7 sekarang adalah Brian (drum), Eross (guitar), Duta (vocal), dan Adam (bass).

Sumber : wikipedia indonesia, youtube dan berbagai sumber

Share with your friends

47 comments

  1. 1. Band Pabdi
    Hilang dari media, di duga telah menjadi nasi heheh :)
    selamat pagi mbak selamat bereaktifitas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihii ngelawak dia :p iya selamat pagi juga

      Delete
    2. wkwkwk, band padi menghilang, diduga telah menjadi nasi

      Delete
    3. dan sekarang nasi sudah menjadi bubur :)

      Delete
  2. kedua-dua band ini terkenal di Msia dengan lagu2 indah merdu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Slank juga udah bisa di bilang legend mbak :D, btw kok stinky gk masuk ya :D

      Delete
    2. masuk kok ;) cuman saya ga sempet nulis ;) tar di postingan berikutnya

      Delete
    3. oohhh hehehehe, jadi nunggu part II nya nih :)

      Delete
  3. iya bener banget kak, tapi masih ada lagi band legenda yang ada diatas seperti naif, dll.

    ReplyDelete
  4. wah sy suka banget tuh sheilla on 7 .... lagunya kece abiss...heee

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi yang pemuja rahasia ;)

      Delete
    2. nah hayooo suka juga yah dg judul itu ...hehe

      Delete
  5. iyaa sih ka ;;) tapi lagunya masih fresh sampe sekarang

    ReplyDelete
  6. yang paling bertahan lama dan gak ngebosenin sholawatan ...hehe

    ReplyDelete
  7. kalo saya lebih suka padi, tapi sayangnya tahun-tahun ini padi sudah jarang lagi exsis

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya juga sih, padi juga udh berganti nama :(

      Delete
  8. jangan lupakan Iwan Fals yang legenda musik seesungguhnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang, kebetulan yg saya bahas adalah Band :) cuman di judul artikel ga ketulis bandnya :D

      Delete
  9. Dulu saya sering nonton konser Padi di sawah.. :)
    Tp skarang sawahnya udah dujual jd ngak bisa nonton konser padi lagi he.. Pis :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. etdah malah ngelawak -_- tapi terimakasih udh berkunjung di blog acak acakan ini

      Delete
  10. lagu sobat ini benar-benar menjadi kenangan tersendiri buat saya :)

    ReplyDelete
  11. Shelia merupakan fav saya sampai sekarang walaupun kemunculan peter pan sedikit menggugat minat sy pada shelia on 7..hehehe

    Regards,
    -Strider-

    ReplyDelete
  12. Utk Sheilla on7, Sephia masih jd favorit saya.

    ReplyDelete
  13. Sheila On7 tetap dihati :D

    ReplyDelete
  14. padi dan sheila on 7 kedua-duanya juga dikenali di malaysia..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehee iya ka, bahkan sheila on 7 pernah bikin lagu dengan 2 versi :) yakni versi indonesia dan malaysia

      Delete
  15. perbedaan band jaman sekarang dengan jaman dulu :

    kalau band jaman dulu kalau lagi naik daun pasti lagu lagu barunya juga akan naik daun dan bertahan sampai lama hingga menjadi legenda.

    band jaman sekarang :
    cukup ciptain 1 lagu yang hits udah deh selanjutnya buat lagu ecek ecek satu bulan sudah hilang nth kemana xixixixixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener kang, kebanyakan band sekarang pada alay -_-

      Delete
  16. Wuiiiihhh, Padi is the best dah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih banyak lagi yang keren, slank, stinky dll ;o hihii

      Delete
  17. tapi kebanyakan droup band sekarang membuat lagu yang hanya asal jadi dan mengambil segi keuntungan jadi segi seni yang ditampilkan jadi kurang.
    seperti lirik yang itu-itu saja, bahkan ada lirik yang tidak mendidik.

    ReplyDelete
  18. Ulas legenda dangdut donk, Mbak, hi hi hi...

    ReplyDelete
  19. selamat malam mbak...maaf saya baru bisa berkunjung ke blognya mbak hehe...
    wah, saya dulu sangat suka sekali sheila on tujuh mbak...tiada hari tanpa memutar lagunya :D

    ReplyDelete
  20. Sakti sekarang jadi penyanyi religi yah ^^

    ReplyDelete
  21. Maaf telat.. Met malam.. Itu nama padi kok artinya makanan orang susah siiih?
    Orang kaya juga makanya padi hehee..
    Kalau shela on 7 dulu aku mengenal lagu"nya tapi padi aku kurang begitu ngerti

    ReplyDelete
  22. slank mana mbak? :( tetep awet sampe sekarang tuh. tambah bang iwan, yang tetep fals sampe sekarang :D :D

    ReplyDelete
  23. sayangnya sekarang kgk seperti dulu n padahal suka banget ma padi

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan baik, diharapkan komentar sesuai Isi Artikel.
Dilarang keras meninggalkan link aktif ataupun iklan dikolom komentar.