Pilih Blogspot atau WordPress? - D I A K U I N

Friday, December 13, 2013

Pilih Blogspot atau WordPress?

Perbedaan Antara Wordpress Dengan Blogspot

Perbedaan Blogspot dengan WordPress 

Blogspot memiliki satu kelebihan yang dimana ia mempunyai support untuk pemasangan iklan Adsense namun tidak dengan wordpress yang perlu melakukan beberapa langkah lebih lanjut dalam pemasangan adsensenya, bahkan blogspot menyediakan sebuah widget khusus untuk menggunakan Adsense. Ini hanya sebagian kecil perbedaan antara wordPress dan Blogspot, hemm mari kita kupas lebih dalam tentang Perbedaan Antara WordPress dengan Blogspot.

WordPress

  1. WordPress dapat mengimport sebuah/banyak postingan yang ada/tertanam blog yang menggunakan engine Blogspot, namun sebaliknya blogspot tidah dapat mengimport postingan yang ada pada WordPress.
  2. Secara khusus jika anda membuat blog dengan selfhost maka Kamu akan mendapatkan bahwa software WordPress telah tersedia dan siap di install di cpanel Kamu. Sedangkan blogspot tidak tersedia disana.
  3. WordPress menyediakan plugin-plugin yang memudahkan penggunanya untuk mengoptimalisasikan blog wordpress yang dimilikinya.
  4. Halaman dasbor wordpress lebih easy eye cacth dibanding dengan blogspot.

Blogspot

  1. Untuk custom domain atau domain berbayar, Blogspot pasti lebih unggul dari segi biaya, karena tanpa harus membeli paket hosting, pengguna Blogspot dapat melakukan custom domain dengan tetap menggunakan Blogspot sebagai media servernya(amazing kan^^). Sedangkan WordPress, kita wajib membeli paket hosting + domain.
  2. Fitur di blogspot lebih user friendly, contohnya seperti fitur edit theme yang berfungsi untuk memudahkan user untuk mengedit template dari web blogspot tersebut.
  3. Blogspot memberikan full access untuk penggunaannya meskipun Kamu menggunakannya secara cuma-cuma atau geratis, sedangkan wordpress harus bayar terlebih dahulu untuk mendapatkan itu semua.
  4. Blogspot lebih cocok bagi pemula yang ingin membuat blog secara gratis namun ingin memiliki kuasa penuh atas blognya dan juga ingin mencoba bermain adsense.

Sejarah Singkat Blogspot dan WordPress

Di Postingan sebelumnya aku udah membahas Sejarah Singkat Blogger, kurang adil rasanya jika aku melewatkan sejarah sang rival yaitu WordPress :) hehee
Sejarah WordPress dimulai saat Matt Mullenweg yang merupakan pengguna aktif dari b2 mengetahui bahwa proses pengembangan b2 dihentikan oleh pemrogramnya (programmer) yang bernama Michel Valdrighi, Matt Mullenweg merasa sayang dan mulai melanjutkan pengembangan b2.

WordPress muncul pertama kali di tahun 2003 hasil kerja keras Matt Mullenweg dengan Mike Little. Yang membuat WordPress makin terkenal, selain karena banyaknya fitur dan tampilan yang menarik, adalah juga karena dukungan komunitas terhadap perangkat lunak sumber terbuka untuk blog.

Nah sobat sendiri pilih blogspot atau wordpress? Trus alasannya apa? Kalo aku milih blog karena lebih simpel dan yang pasti GRATISAN :D hehee itu menurut aku yaaa, bukan menurut mamaku :D

sumber : wikipedia, blogspot, WordPress, google dan berbagai sumber lainnya.


[+] Bagikan Artikel Ini Jika Bermanfaat :)
[- ] Maaf Jika Ada Penulisan Kata Yang Keliru.

Share with your friends

81 comments

  1. Replies
    1. Idem ma yang ini, sekarang saya pake domain custom, ngontrak di rumahnya mbah Google :D

      Delete
    2. setuju blogspott .. tetep gratis dari dulu sampai sekarang :* love you ..

      Delete
  2. senbenernya ane punya blogspot ma wordpress gan, tapi yang sering ane buka blogspot gan,, lebih gmpang di modif sendiri. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya belum pernah pake wordpress mas soalnya katanya space atau disk nya bayar sih ..sedikit saja yang gratisnya

      Delete
  3. klau ditanya seperti itu, saya lebih memilih blogger/blogspot... lebih mudah dari segi desain dan tidak perlu mendaftar utk bisa terindex google.. :D

    ReplyDelete
  4. Menurut saya pribadi blogger/blogspot itu paling enak untuk di mainkan. Apa lagi mudah sekali dan banyak sekali menggunakan platform blogger.

    Tapi pagerank wordpress lebih tinggi yaitu pagerank 9 kalau blogspot 8. Cuma beda 1 saja hehe.

    ReplyDelete
  5. Kalo dipencarian google mana yang lebih unggul blogspot atu wordpress?

    ReplyDelete
  6. sy pilih vs aja boleh nggak ? hehe

    ReplyDelete
  7. kalau mau bermanja ria harus pilih WP, karena disana semua sudah aplikasi sudah tersedia dan kata temen2 gampang ngolah SEO,,

    tapi kalau mau banyak belajar tentang HTML dan membuat blog yang istilah teman teman biasa disebut dengan blog yg SEOfrndly.. blogspot adalah pilihan yang harus diambil.. kek nya gitu dech.

    ReplyDelete
  8. Jadi tau ni kelebihan dan kekurangan Blogspot dan WP, saya sudah pernah nyoba semua, dan pas sekali dengan yang di sampaikan mbak Dwi Alfina, Makaih mbak telah sharing karena saya juga sekarang tau sejarahnya ni blogspot dan wordpress

    ReplyDelete
  9. saya pakai wordpress..senang dan mudah untuk diedit...

    ReplyDelete
  10. ada juga terfikir untuk beli domain dot com.. tapi belum pasti untuk memilih wordpress atau blogspot..

    ReplyDelete
  11. kalo saya milih blogspot aja, karna gak bisa pake wordpres

    ReplyDelete
  12. Kalau aku pilih blogspot, dulu awal ngeblog pernah nyoba wordpress, tapi terus aku tinggalkan, menurutku agak ribet , lebih ringkas dan mudah di blogspot...

    ReplyDelete
  13. masing2 ada kebaikannya so pilih saja mana yg berkenan.

    ReplyDelete
  14. kalo ane blogspot gan :D

    ReplyDelete
  15. wordpress saya terbengkalai,,karena lebih suka di blogspot,banyak tangtanganya geetoo dech hehe

    ReplyDelete
  16. blogspot aja mbak soalnya lebih user friendly, hehe

    ReplyDelete
  17. Blogspot sama wordpress meski beda tetapi tetap satu hati, sama - sama wadah untuk berkarya dalam dunia kata - kata :D

    ReplyDelete
  18. Kalo saya sih mungkin lebih memilih blogspot ketimbang wordpress soalnya saya gak ngerti sama sekali dengan wordpress hehehe...

    ReplyDelete
  19. Kalau saya sendiri lebih memilih blogspot, karena selain mudah digunakan, saya juga belum pernah mencoba pake wordpress hehe :D

    ReplyDelete
  20. kedua'nya punya kelebihan n kekurangan masing2. seperti halnya dgn blogdetik, banyak sekali kelebihannya menyangkut event2 berskala nasional. kaya live streaming HUTnya transcrop yg bs diakses melalui blogdetik. jadi sbg blogger dimanjain banget dan punya kesempatan untuk dapetin gift.... [ itu menurut sy ]

    ReplyDelete
  21. Dari pada milih wordpress atau blogspot mending milih Diakuin aja blog ku... Udah itu aja, hehehe.. Visit back ya?

    ReplyDelete
  22. untuk saat ini..aku memilih blogspot dulu dech ;-)

    ReplyDelete
  23. Saya sih tetap memilih blogspot. Kelebihannya yaitu bisa tetap menggunakan hosting blogspot meskipun udah berganti domain. Kalau Wordpress kan harus Harus dua-duanya (Domain + Hosting). So, Lebih irit dan enakan blogspot. :D
    Salam kenal bro.
    Ditunggu yah join baliknya..

    ReplyDelete
  24. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  25. dulu pernah bt di wordpress, tp mlh bingung. trus skg paswordnya lupa, h-hii...

    kl ditanya pilih blogspot atau wordpress, lihat aja blog saya yg sekarang... :P

    ReplyDelete
  26. blogspot gan, mungkin karena mbah google

    ReplyDelete
  27. Yang pastinya saya pilih Blogger, Soalnya kalau Wordpress agak ribet

    ReplyDelete
  28. pernah punya wordpress (blog pertma yang pernah saya buat) tapi akhirnya terabaikan begitu saja.. .:D
    sekarang pakai blogcepot, justru makin sering ngunjungin buat lepas kangen diantara ksibukan. vull lov to blogcepot.

    ReplyDelete
  29. blogspot karena blogspot anak google gan..

    ReplyDelete
  30. Kalo sayaa Sihh Pilih Blogspot Mbakkk soalnya Serasa Lebih User Friendly dan Katanya Bloggspot Itu lebih didepankan oleh Google dari pada Wordpress hehe Itu Katanya :D

    ReplyDelete
  31. kalau menurut saya sih di sesuaikan sama kebutuhan individu masing-masing mbak. Mau pilih blogger atau wordpress itu nggak masalah, karena masing-masing platform mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, untuk pemula, sebaiknya pakai blogger karena lebih mudah untuk dipahami :)

    ReplyDelete
  32. dulu sempet nyoba make wordpress tapi kaga kuat di hostingnya. Jujur lebih enak pake Blogspot bisa bebas berkreasi dan yang pastinya gratis.

    ReplyDelete
  33. Kalo saya sih lebih suka sama blogspot karena saya sendiri sudah punya akun wordpress tapi kurang paham cara penggunaan nya atau terlalu sulit menurut saya tidak seperti blogger :D

    Intinya saya pilih Blogspot kang , Hehee ... :D

    ReplyDelete
  34. Dulu saya lebih memilih wordpress namun sekarang lebih suka dengan blogspot

    ReplyDelete
  35. Tergantung diri sendiri sih ya,kalo saya pilih blogspot,lebih banyak pilihan templatenya juga :D

    ReplyDelete
  36. dari awal ngeblog saya belum pernah coba bikin blog selain di blogspot, belum kepikiran untuk pindah kelain domain :)

    ReplyDelete
  37. ke wordpress gak paham :D
    blogspot di hati :D

    ReplyDelete
  38. Karena aku pakai blogspot...yeahh nlogspot yang bagus.. Aku suka yang serba gratis hehehe..
    Aku juga punya account wordpress tpi nggak pernah di praktekkan

    ReplyDelete
  39. Dari pilihan fitur antara blogspot dan wordpress pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing2,, tapi walaupun begitu tetap saya memilih blogspot karena penggunaannya gampang, dan untuk custom domain maupun hosting tidak memerlukan biaya banyak, paling hanya mengeluarkan biaya untuk domain aja, sedangkan hosting gratis,, :)

    ReplyDelete
  40. sepertinya kelebihan blogspot lebih banyak yah. ^^

    ReplyDelete
  41. Kalau Blogger lebih enak .. dan lebih nyaman .. pernah pakai wordpress langsung bingung ...

    ReplyDelete
  42. aku pribadi seandainya puna waktu luang banyak dan modal pasti pilih WP sob bisa blajar banyak disana tp karna waktu dikit pilih blogcepot sajalah gag ribet bs langsung nulis artikel namun hrs siap digusur kpn saja

    ReplyDelete
  43. Pilihan kita sama nih kayanya.. sampe ke template nya juga .. heheh

    ReplyDelete
  44. sebenernya saya juga ingin belajar wordpress namun selalu gagal saya menggunakannya. jadi pindah blogging lagi

    ReplyDelete
  45. saya merupakan pengguna tegar google..oleh itu saya pasti bias kepada blogspot..hahaha

    Regards,
    -Strider-

    ReplyDelete
  46. tentu saja ane lebih memilih blogspot :D
    pada dasar nya ane hanya tertarik pada blogspot ;)

    ReplyDelete
  47. Blogspot aja sob!!
    di tunggu kunbal and follbacknya.

    ReplyDelete
  48. saya punya blogspot dan wordpress, namun saya lebih sering posting di blogspot

    ReplyDelete
  49. menurut saya blogger (blogspot) itu anak emasnya google lho, coba ketikan kata kunci di google pasti yang banyak muncul platform blogger :)

    ReplyDelete
  50. Kalau saya pernah sih maen wordpress tapi kurang ngerti to mba,
    jadi saya lebih milih blogspot Aja deh :D

    ReplyDelete
  51. tetep setia sajalah sama blogspot . .

    ReplyDelete
  52. sebelum ke wp saya memakai blogger terlebih dulu dan setelah di banding bandingin menurut neneku aq harus pake wp deh hehee

    ReplyDelete
  53. Kalau Untuk Blog Pribadi rasanya Lebih Bagus Mengunakan Blogger tapi Kalau Untuk hal Berbaur Bisnis Atau Instansi Rasanya Wordpress Lebih Tepat

    ReplyDelete
  54. Terima kasih infonya, sangat menarik, gaya bahasanya menarik, membuat saya suka membaca artikel ini, pokoknya sangat menarik sekali :)

    ReplyDelete
  55. Sy pakai 22nya...tapi untuk wordpress, sy memilih yg selfhosted, karena bebas berkreasi.. untuk blog di wordpress.com memang serba terbatas mbak.. lagian loadnya juga cukup berat dari kompi saya. Jadi sekarang ini, sy lebih memilih blogspot mbak ..

    Salam ...

    ReplyDelete
  56. blogspot yang menjadi pilihanku karena bisa bermain dengan iklan. tapi aku lebih suka dengan penampilan template wordpress kerena lebih elegan.

    ReplyDelete
  57. Luar biasa mba ulasan perbedaan wordpress dan blogspotnya,,, :)

    ReplyDelete
  58. Blogspot gan, lebih aman dari serangan ddos dan udah mendarah daging gan . :-)

    ReplyDelete
  59. Dulu saya pemakai Blogspot juga, namun sepi pengunjung. Dan adkhirnya pinda ke Wordpress, kini pengunjung semakin jauh lebih banyak :D

    ReplyDelete
  60. saya emang pengguna blogspot. tapi menurut saya wordpress yang paling bagus. wordress ada yang gratis loh, dan cara penggunaanya sama seperti tempat hosting yang berbayar. masalah HTML wordpress menggunakan script seperti PHP. kaya web ternama di dunia maya, Mudah untuk di sinkron kan ke Hosting berbayar. Tapi kalau blogspot itu bagus buat para newbie dan biasanya hanya bisa disinkron dengan domain saja bukan hosting. kalau gak percaya silahkan buktikan.. #pengalaman.

    ReplyDelete
  61. blogspot dipilih karena cepat terindeks google, tapi setelah pindah ke domain sendiri malah jadi lama terindeksnya.. :(

    ReplyDelete
  62. kalo buat PHP wordpress jagoan ane :D

    ReplyDelete
  63. Blogspot aja deh :D punya Google

    ReplyDelete
  64. Saya pake hape ya dan wordpress di hp belum mendukung jadi saya ya tetap di blogspot deh

    ReplyDelete
  65. pernah bikin word press, tapi yg kanjut sampai sekarang emang blogspot sey

    ReplyDelete
  66. Satu kata Bloggspot
    tetap pilih blogspot mbk
    jdi ngerti ni mbk
    mksh ya mbk

    ReplyDelete
  67. Cari yang mudah-mudah aja, apalagi sudah frendly sama si Mbah. he,, he,, he,,,

    Salam

    ReplyDelete
  68. perfect infonya non,,,mksh sudah berbagi salam sukses

    ReplyDelete
  69. mayoritas blogspot ya... saya +1 deh buat wordpress ... hehehe... tapi gak memungkiri saya juga pake blogspot...

    ReplyDelete
  70. kunjungan balik saiya gan ,,,,,,,,,,,,blogspot josss

    ReplyDelete
  71. Ya mending blogspot lah,
    mudah seo nya

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan baik, diharapkan komentar sesuai Isi Artikel.
Dilarang keras meninggalkan link aktif ataupun iklan dikolom komentar.