Batimung, Tradisi Urang Banjar

7:00 AM
Batimung, Tradisi Urang Banjar
source: melayuonline.com
Di tengah serbuan berbagai macam jenis kosmetik modern dan berbagai cara perawatan kesehatan dan kecantikan di salon-salon, ada satu adat budaya di Kalimantan Selatan yang sampai sekarang masih dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Batimung, membuang keringat dari badan dengan cara diasapi serta ditambahkan bunga-bungaan dan ramuan alami untuk memberi keharuman kepada badan orang yang ditimung tadi. Batimung salah satu syarat bagi calon pengantin untuk menghadapi pesta perkawinannya nanti. Tujuannya agar mempelai laki-laki dan perempuan saat acara berlangsung tidak mengeluarkan bau keringat biasa tetapi berganti menjadi bau harum yang menambah pesona. 

Proses batimung biasanya dilakukan pada malam hari, dilaksanakan oleh para wanita dari keluarga orang yang batimung. Untuk keperluan batimung biasanya terdiri dari:
  1. Bedak atau wadak, yang sering disebut mangir wangi. Terbuat dari beras kencur ditambah dengan bahan alami lainnya yang mengandung wangi-wangian.
  2. Bahan-bahan tambahan tersebut direbus sehingga uap itulah yang akan memberikan bau harum. Bahan tambahan antara lain, daun pudak/pandan wangi, tamu giring, limau purut, kulit bawang merah, babakan pula santan, kayu manis, menyan, daun sop, pucuk ganti, mang soe sebangsa akar, bunga akar. Semua bahan tersebut dibuat dalam ramuan kecil-kecil kemudian dimasukkan kedalam kuantan lalu direbus sampai mendidih, tutupnya dijaga agar jangan terbuka sehingga asapnya keluar sebelum diperlukan.
  • Sebelum memasuki timungan, badan orang yang akan ditimung dibedaki dengan wadak sampai bersih dan harum sehingga segala kotoran yang melekat di tubuhnya hilang. Membedaki dilakukan oleh para wanita yang ditugaskan. Biasanya sambil membedaki ini calon pengantin akan digoda dengan senda gurau para pembedak.
  • Setelah selesai diwadak, calon pengantin disuruh duduk di atas sebuah bangku yang rendah disebut dadampar, kemudian segala pakaian yang melekat disuruh tanggalkan diganti dengan selimut tebal beberapa lapis sampai ke atas kepala kecuali muka dan hidung.
  • Selesai diselimuti, barulah ramuan mendidih tadi diletakkan dibawah dadampar dan tutupnya dibuka sehingga uap harum bisa keluar dan membasahi tubuh orang yang batimung. Biasanya bagi calon pengantin laki-laki, acara batimung cukup tiga hari, tetapi bagi calon pengantin wanita bisa sampai satu minggu bahkan ada yang hampir satu bulan. Setelah acara batimung selesai akan terlihat perbedaan nyata yang tampak pada kulit orang batimung serta keringatnya mengeluarkan bau yang harum. portalbanjarmasin.com
Demikian artikel tentang Batimung, Salah satu Tradisi Urang Banjar sebelum berlangsungnya pernikahan. Semoga bermanfaat ..
Previous
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

38 comments

dijawa juga ada tuh mandi buat calon mempelai wanita, klo nggak salah mandi kembang tujuh rupa apa yah...hehehe,
pantes klo pengantin baru pada nggak sabaran nunggu malam hari, krn mempelai wanitny aja dah di persiapkan baunya wangi buanget....hahahahahaha

pgi Neng Dwi ... :)

Balas

Unk seklai ya tradisi Batimung ini... seperti acara siraman :)

Balas

wah... tradisi batimung ini menarik sekali, sepertinya metodenya juga bisa diterapkan agar tubuh kita wangi yia bos, hehehe....

Balas

pagiii juga kang fiu :) hehe

Balas

Kedua mempelai sama-sama melalui prosesi Batimung, wah tradisi yang sudah lama yah. masyarakat kita hebatnya masih selalu melestarikan budaya terdahulu. saya jadi pengen nyoba, hhehe. nyoba doang, belum tahap menikah :D

Balas

iye bener gan :) batimung juga sering disebut oleh org daerah lain sebagai SPA ala banjarmasin :)

Balas

bisa banget, tinggal mandi uap doang ko :o

Balas

silahkan dicoba aja, dan rasakan "kehangatannya" :D

Balas

Awal membaca tradisi Batimurung ini saya terpikir tentang obyek wisata Batimurung, ternyata ini merupakan sebuah tradisi ya. Dan seperti orang di kukup kalau di Jawa, kalau sekarang seperti mandi sauna dengan rempah atau aroma bunga yang di lakukan untuk acara resepsi pernikahan. Indonesia memang kaya akan sebuah nilai tradisi.

Salam

Balas

Itus sih tradisinya belum kecampur sama tradisi jaman sekarang :D

Balas

tradisi nenek moyang yang terus dilestarikan :)

Balas

Dan Indonesia selalu menjaga dan melestarikan tradisi pendahulunya :) itulah Indonesiaku :)

Salam :)

Balas

tradisi yang sangat unik sekali, semoga tidak hilang dan tetap di lestarikan masarakyat banjar
thanks mbak infonya :)

Balas

wow. jangan jangan mandi sauna yang ekspor dari barat itu meniru perawatan cara tradisional ala batimung ini,,, saya curiga dech,, coba ditelusuri,, soalnya banyak dari warisan budaya kita yang lari keluar kemudian masuk lagi dengan nama dan kemasan yang beda... misalnya seperti musik jathilan atao angguk dari jawa it kan sudah ratusan tahun lalu,, kemudian begitu tahun 70an ada musik bergenre house yg iramanya setali 3 uang dengan musik dolala ato jathilan dan seterunya (irama monoton) akhirnya orang kita pada kesemsem,, dan malah sering dipakai musik dengan istilah dugem..

Balas

Dikampung saya tradisini ini juga suka dipakai kalau mau ada yang nikah :)

Balas

indonesia emg bener2 kaya budaya,di tiap daerah berbeda2 caranya,dan menarik nih tradisi org banjar.saya liat gambarnya kayak orang mau potong rambut hehe.. semoga saja tradisi semacam ini tdk luntur krn pergeseran jaman.soalnya budaya modern org2 barat gampang mempengaruhi org2 di negri indonesia

Balas

Kayak proses siraman orang Jawa ya, Bang.. :)
Tapi seru nih kalo diuapi gitu kan jadi wangi. Heheh.. Kayak sauna :D

Balas

Aamiin :) terimakasih udh berkunjung ..

Balas

waah bisa kita telusuri nih, mbah google kira kira tau ga ya soal ini? hemm

Balas

wiih sama :) lestarikan :)

Balas

tradisi yang bagus juga mba, untuk mengurangi daya minat kepada pemakaian kosmetik yg akhir2 ini sering membuat rugi bagi beberapa orang :)

Balas

Baru denger namanya...hehehe, maklum saya bukan orang kalimantan sih...
tapi, kalo dilihat gambarnya sih cukup unik memang tradisinya di Indonesia ini.

Balas

Pengetahuan budaya nih, makasih mbak jadi lebih dekat budaya adat lain hehe

Balas

Baru tau saya Mbak Jeng Dwi, adat tradisi Batimung yang dari Kalimantan selatan
Kalau gak salah yah..? di tempat saya juga ada adat seperti itu namun nama dan
Praktek nya berbeda, Mandi Manten Namanya kalau di Jawa Barat.

Balas

Selamat sore Mbak Jeng Dwi, simak tradisi Batimung nya
Wah bau wanginya sampai kecium kemari deh Mbak Jeng hhh =D

Balas

wah masa sih mas saud ? dri sini kok nggak yah ....? xixixixixixi :D

Balas

ilmu baru neh,,tetapi kalau ada acara ini pakai rame-ramean gak atau semacam pesta gitu.?

Balas

pesta keluarga aja :) hehee

Balas

iyya..mas saud..gak kecium baunya..:)

Balas

ini tradisi jaman nenek moyang ya sob, makasih atas informasinya, sekalian silahturahmi dihari libur

Balas

kalau melakukannnya tiap hari boleh juga kan mbak biar badannya selalu wangi hehe...

Balas

Wah wah yang mau ngadepin pasangan mu7ti gt ya. Biar oke. Kaya ikan asap aja. Ntar kalo gak harum malah jd sangit gak?

Balas

nyimak neng lumayan nambah ilmu :D

Balas

kenapa di atas disebutkan 'kecuali' muka dan hidung.
emang kenapa mbak kalo muka dan hidungnya juga ditutup.
beberapa hari yang lalu di sebuah televisi swasta juga membahas semacam 'batimung' tapi dengan topick 'spa modern'
jangan" terinspirasi dari batimung
:-p :-p :-p

Balas

budaya dan tradisi seperti ini yang perlu di lestarikan supaya bisa dikenal oleh generasi penerus :)

Balas

Wah budaya nya aneh juga ya :D

Ijin Follow blognya ya.. back :D

Balas

Berkomentarlah dengan baik, diharapkan komentar sesuai Isi Artikel.
Dilarang keras meninggalkan link aktif ataupun iklan dikolom komentar.