Selasa 15 April 2014, Indonesia Bisa Saksikan Gerhana Bulan Total

5:08 PM
Selasa 15 April 2014, Indonesia Bisa Saksikan Gerhana Bulan Total
 
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan gerhana bulan total akan terjadi pada 15 April 2014.
 
"Gerhana ini dapat diamati dari wilayah Indonesia kecuali Jawa bagian barat, Kalimantan bagian barat dan Sumatera," kata Kepala BMKG, Andi Eka Sakya, di Jakarta, Jumat (11/4).

Andi menjelaskan wilayah Indonesia hanya dapat mengamati bagian akhir dari proses gerhana bulan tersebut.
 
Pada gerhana bulan total, bulan akan tepat berada pada daerah umbra yaitu bayangan inti yang berada di bagian tengah sangat gelap pada saat terjadi gerhana bulan.

Lebih lanjut, dia mengatakan gerhana bulan total tersebut juga dapat diamati dari Afrika bagian barat, Eropa bagian barat dan Samudera Atlantik saat bulan sedang terbenam.
Seluruh proses gerhana akan dapat diamati dari Amerika Selatan bagian barat dan Amerika Utara serta Samudera Pasifik bagian timur.

Proses gerhana saat bulan terbit dapat diamati di Samudera Pasifik bagian barat, Australia dan Asia bagian timur. Namun, keseluruhan proses gerhana tidak dapat diamati dari daerah Asia, Afrika bagian timur dan Eropa bagian timur.

Pada 2014 diprediksi akan terjadi empat kali gerhana yaitu gerhana bulan total pada 15 April, gerhana matahari cincin pada 29 April, gerhana bulan total pada 8 Oktober dan gerhana matahari sebagian pada 23 Oktober 2014. republika.co.id
Previous
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

45 comments

Ambil pertamaxx dulu :D...
Wah besok nih gerhana matahari :/ daerah jawa barat nggak bisa liat :'(

Balas

Sayang sekali Indonesia bagian barat tidak bisa melihat secara keseluruhan Gerhana Bulan Totalnya :(

Balas

Ini fenomena alam yang menarik untuk disaksikan mbak Dwi. Tapi sayang, hanya daerah tertentu yang bisa menyaksikannya...

Balas

kan bisa liat di tipi :p hehee peace

Balas

Tahun ini diprediksi akan terjadi 4 kali gerhana, semoga aja bisa disaksikan diseluruh indonesia :)

Balas

iya, sangat disayangkan :( ..

Balas

wih mantap, thanks sis share nya..
besok pantengin langit didepan rumah ah.. :D

Balas

tdi saya lihat beritanya di salah satu stasiun TV,dan tdk semua wilayah di indonesia bsa menyaksikan terutama yg berada di bagian barat indonesia

Balas

harus, biar bisa liat indahnya gerhana :)

Balas

iyaa, hanya daerah tertentu yg bisa liat :(

Balas

pasti seru ni kalau kita bisa naik gunung dan menikmati gerhana bulan dari tebing tebingnya. karena biasanya pemandanganakan terlihat sensasional dari ketinggian

Balas

iya sih bisa liat ditipi mbak, tapi pengen liat langsung, gitu. :D

Balas

siap siap nih,besok harinya yambak,makasih telah sharing.saya baru tahu setelah membaca artikel ini nih

Balas

besok photo atau video, trus posting deh :) hehee

Balas

wah hrs siap2 bikin kentongan bambu nih mbak kalau jadi ada gerhana bulan nanti, hehehe :D
makasih bocorannya :D

Balas

Harus tengok dia. jangan lepaskan peluang...

Balas

Besok gerhananya? Wah, kalau ada kejadian alam seperti ini saya suka penasaran ingin lihat secara langsung. Cuman kayaknya daerah saya gak bisa liat deh, soalnya saya tinggal di Jawa Barat :(

Balas

Jawa Tengah berarti gak bisa liat nih?

Balas

prediksi waktunya jam brp mb ?

Balas

Berarti kalau gak salah besok Malam yah Mbak Jeng Dwi,
Gerhana bulanya..? betul kata Mas Fiu kira-kira jam berapa,an
Gerhana Bulanya di mulai yah..? makasih atas Infonya Mbak Jeng Dwi :)

Balas

Subkhanallah, maha suci Allah dengan segala yang terjadi di alam semesta ini :)
Ini menjadi bukti bahwa Allah adalah sang pencipta alam semesta ini :)

Balas

wahh pengen lihat saya.. :) jam berapa ya mbakk?

Balas

kalau gerhana bulan apa boleh melihat langsung dengan mata telanjang yah mbak, kalau gerhana matahari kan berbahaya kalau dilihat langsung.

Balas

gerhana bulan total ..wah sangat manfaat nih informasi.. :D

Balas

yia boleh yag penting si bos jangan telanjang juga, hehehe...

Balas

kira-kira jam berapa ya?

Balas

diperkirakan siang hingga sore, dengan lama sekitar 5 jam 43 menit.

Balas

siang - sore mas, kira kira dimulai dari pukul 11:52 WIB dan berakhir pada 17:39 WIB atau berlangsung selama 5 jam 47,2 menit. Puncaknya diperkirakan pada pukul 14:45 WIB

Balas

waah, bulan ini bisa sampai 3 x gerhana bulan yaa
seru juga nih lihat gerhana, thanks mbak informasinya :)

Balas

Ditempat saya hujan terus nih Mbak, langit jadi gelap, apa bisa lihat gk ya ntar?

Balas

iya iihh .. jawa barat gabisa ngelihat ... iya bener juga pengen lhat lngsug :'(

Balas

kalau begitu berarti malam ini dong,,, tapi kok mendung ya?

Balas

Simak dan baca kembali tentang Gerhana bulan nya Mbak Jeng Dwi :)

Balas

Terima kasih atas penjelasanya Mbak Jeng Dwi
Sangat lengkap dan Rinci. salam santun dan sejahtera :)

Balas

Saya hanya bisa melihat lewat Televisi saja Mbak + Mas :)

Balas

didaerah saya malah hujan badai sob jadi gak nampak gerhana bulan nya, sekalian silahturahmi

Balas

didaerah saya malah hujan badai sob jadi gak nampak gerhana bulan nya, sekalian silahturahmi

Balas

pantes tadi malam gelap, #eh hehe

Balas

Sudah saya amati langit di atas kota Pontianak tepat di atas jam 20.00 WIB Memang ada bulan sih namun kok biasa biasa aja ya,. Jangan jangan Gerhana Bulannya terjadi di atas pukul 00.00 WIB kali ya

Balas

Sayang banget, tadi malam ane lupa ngeliat ke langit. Padahal udah penasaran banget nih sama yang namanya bulan berwarna merah ini. Padahal daerah ane di kaltim yang harusnya bisa ngeliatnya.

Balas

wah jadi pengen lihat nih gerhana bulan nya ;)

Balas

Yah di jawa barat ga bisa terlihat ya mbak, padahal saya pengen banget liat langsung.

Balas

Wah bakalan keren dong gan kalau indonesia bisa melihat gerhana bulan full.. hmm, terakhir lihat gerhana bulan waktu SD :)

Balas

Berkomentarlah dengan baik, diharapkan komentar sesuai Isi Artikel.
Dilarang keras meninggalkan link aktif ataupun iklan dikolom komentar.