Sejarah Singkat Pangeran Antasari

7:00 AM
Assalamualaikum sahabat blogger, hari ini +Dwi Alfina akan share sejarah singkat Pahlawan Banjarmasin yakni Pangeran Antasari. Oh iya sebelumnya aku mau ngucapin terimakasih buat sahabat yang berkunjung ke blog yang paling diaku.in (rencananya mau beli domain .in)  ini :D
Baca Juga :
Sejarah Singkat Pangeran AntasariPangeran Antasari adalah salah satu Pahlawan Nasional dari Kalimantan Selatan yang turut berperang melawan penjajah Belanda untuk membela wilayah Kalimantan Selatan. Pangeran Antasari lahir di Banjarmasin tahun 1809. Walau seorang ningrat, ia sangat merakyat. Karenanya, ia sangat paham pen­deritaan rakyat di bawah jajahan Belanda.
Pangeran Antasari dibantu beberapa ke­pala daerah Hulu Sungai, Martapura, Barito, Pelaihari, Kahayan. Kapuas dan lain-lain berte­kad mengusir Belanda dari Kerajaan Banjar. Tak terelakan, perang pun terjadi pada 18 April 1859. Pada Pertempuran itu Belanda men­dapat kesulitan.
Pada Oktober 1862. ia merencanakan serangan besar-besaran ke benteng Belanda. Kekuatan sudah dikumpulkan. Namun, saat itu wabah cacar menyerang. Pangeran Antasari pun terkena hingga merenggut nyawanya. Ia meninggal dunia di Bayan Begak (Kalsel) pada 11 Oktober 1862 dan dimakamkan di Kelurahan Sungai Jingah Banjarmasin Utara. Dan ditempat tersebut dibangun Komplek pemakaman Pahlawan Nasional  dengan nama Komplek Makam Pangeran Antasari, ditempat tersebut juga terdapat makam Ratu Antasari yang merupakan isteri Pangeran Antasari serta makam Pahlawan lainnya seperti Panglima Batur yaitu panglima perang pengikut setia Pangeran Antasari, Hasanuddun HM ( Hasanuddin bin Haji Madjedi ) yaitu pahlawan Ampera didaerah ini seorang mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin yang wafat tahun 1966.
Dwi ngeshare artikel ini agar kita makin ingat dengan beliau, bukan hanya dengan beliau tapi dengan seluruh pahlawan yang telah berjasa kepada Negara. Demikian artikel Sejarah Singkat Pangeran Antasari, semoga bermanfaat dan menambah wawasan pengetahuan sejarah sobat ;)
Previous
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

72 comments

Terima kasih infonya, sangat bermanfaat, ternyata pangeran Antasari meninggal karena penyakit cacar, gambarnya ada di duit dua ribu rupiah, pertamax saya amankan ^_^

Balas

yah kalah cepet deh tapi gpp deh sebelum berangkat kerja nyimak kisah singkat pangeran antasari

Balas

Lumayan bisa nambah pengetahuan!!!

Balas

Pangeran ampera nama asli Hasanuddin HM kalu pangeran antasari nya ?

Balas

Dengan membaca sejarah singkat pangeran Anatasari jadi menambah wawasan pengetahuan saya. Trims infonya.

Salam,

Balas

makasih sudah share, semoga ini jadi inspirasi bagi para pemimpin kita untuk tetap dekat dan membela kepentingan rakyat

Balas

Jadi inget jaman sekolah dasar sering mempelajari sejarah Pangeran Antasari ini. Makasih sist sudah mengingatkan kembali.

Balas

Ilmu baru yang bagus mba :)
Salam sukses

Balas

ternyata wabah cacar sudah ada di Kal-Sel sejak tahun 1862, dan merengut nyawa salah seorang pahlawan nasional seperti Pangeran Antasari....semoga kisah ini bisa membuat kita semakin menghargai akan jasa para pahlawan kita...salam dari Makassar ;-)

Balas

Orang yang perlu di kenang sejarahnya ya mba.. ini termasuk tokoh indonesia kah?

Balas

iyaa beliau meninggal karena penyakit cacar :(

silahkan antri di pom bensin terdekat yaa mas :D

Balas

kalah 0,0001 detik doang kok :D wkwkk semangat kerjanya :)

Balas

Gusti Inu Kartapati :)

Balas

sama sama :) salam sukses

Balas

setuju, sosok pangeran antasari adalah orang yg sederhana dan merakyat, padahal beliau seorang ningrat loh :) hehe semoga pemimpin kita sekarang juga seperti itu

Balas

Pangeran Antasari meninggal bukan karena di bunuh oleh Belanda, tetapi oleh penyakit cacar. Baru saya tahu ini kawan setelah membaca artikelmu...
Terima kasih sharenya sungguh bermanfaat sekali

Balas

Aamiin, semoga aja kang :) salam sukses dari Banjarmasin

Balas

Wah lumayan nih buat menyontek kalau lagi ulangan wkwkwkw

Balas

cerita2 sejarah memang suka dibaca...tq berkongsi info.

Balas

Harus jadi contoh juga ya meski seorang ningrat dan punya harta kalau tidak punya rakyat bukan apa2 dan karena itu harus memahami penderitaan rakyat

Balas

dulu pas ane sekolah kagak pernah tau nih kalo pahlawan yang satu ini punya penyakit gituan sampek merenggut nyawa.. info yang menarik sis.. thx :)

Balas

sayang lah, kenapa cuma ada gambar sidin haja di duit lembaran rupiah, kenapa kd beulah film ttg beliau haja kaya pahlawan lain.

Balas

semoga saja beliau tenang di alam sana ya mbak :)
domain nya di tunggu :D

Balas

Waaww ini nieehh..
Ningrat tapi merakyat!!! Iniii baruu pahlawan luar dalam

Balas

smoga jasa n perjuangan beliau slalu dikenang n diteruskan oleh generasi muda negeri ini

Balas

mungkin para produser dan sutradara film belum kepikiran :)

Balas

semoga aja para pemimpin sekarang bisa mencontoh beliau :) Aamiin

Balas

wkwkwk iya ntar dibeli :D

Balas

bener :) pemimpin sekarang harus meneladani beliau

Balas

Orang malaysia juga tau kan sosok Pahlawan yang satu ini :)

Balas

Meninggalnya akibat penyakit cacar...? kok bisa ya penyakit cacar merenggut nyawa. sedih juga ya. Tapi meninggalnya bukan karena penyakit lain ?

Balas

jasa para pahlawan emang sangat besar, tinggal giliran pemuda apa yang kita lakukan untuk negara

Balas
This comment has been removed by a blog administrator.

Pelajaran sd dulu mbk tapi udah gx inget maklum lah gx jenius :D

Balas

Wah bagus sekali infonya, thanks ya

Balas

walah tambah ilmu baru lagi nih tentang sejarah pangeran antasari, makasih mbak

Balas

mengulas masa sekolah ini klo kyk gtu

Balas

pelajaran waktu SD dan pasti sudah pada lupa. sekarang disegarkan lagi ingatan saya tentang sejarah pangeran antasari :)

Balas

Belum lama ini saya juga baca profil Pangeran Antasari di buku "Mengenal 101 Pahlawan Nasional".

Ayo mbak buru-buru beli domainnya. Kalo nggak nanti keburu dipakai orang lho, hehe....

Balas

kartapati itu seperti nama daerah di kertapati sana mbak...apa emang asal usulnya demikian

Balas

pastinya saya sudah lupa dan dingatkan kembali tentang pelajaran sejarah ini :D

Balas

ini baru pertama kali saya membaca mengenainya..terima kasih kerana berkongsi...

Regards.
-Strider-

Balas

ternyata begitu ceritannya ya mas Dwi, kalau melihat poto Pangeran Antasari saya jadi kepengen kumisnya... manteb ...

Balas

infonya mantap . . . cara masukin iklannya aku udah kasi script di google + sobat . . . coba di cek aku udah coment di sana

Balas

oke udh aku cek, thankyou :)

Balas

jangan hanya kumisnya kang, perilakunya juga klo bisa :D

Balas

sama samaa, terimakasih juga udh singgah di blog ini

Balas

thanks udh bersinggah :)

Balas

semoga bermanfaat :)

Balas

hahaa lagi belum ada uang kang ;D klopun udh ada yg make, aku pake domain .com aja deh :D

Balas

semoga bermanfaat dan terimakasih udh berkunjung :)

Balas

buruan, :D pengen ngunjungi situs yang bener-bener diaku.in :D

Balas

bingung mau dibeli dimana? :D

Balas

??? di toko material terdekat mbak, buruan banyak diskon :D

Balas

ngga gitu sih, yang saya bingungin adalah kan banyak tuh penyedia domain, nah yang recommend dimana? itu yg saya bingung ;)

Balas

ternyata sejarah pangeran antasari sangat menarik untuk disimak ya mbak. Terimakasih atas share nya ya :)

Balas

Ingat masa belajar sejarah waktu di sekolah dulu hehehe :)

Balas

Nambah lagi ni wawasan sejarah saya.. terimakasih mbak dwi :)

Balas

Saya tau sejarah ini waktu kelas 3 SD :D

Balas

wah terimakasih mbak cerita sejarahnya.. saya sangat setuju dengan kata-kata mbak dwi yang terahir itu, apalagi sekarang kalau menurut pengamatan saya, anak sekolah kurang meminati pelajaran sejarah ya mbak.. setiap di tanya sejarah jawabnya tidak tau.. itupun sambil pasang muka cuek hehehehe

Balas

wah terimakasih mbak cerita sejarahnya.. saya sangat setuju dengan kata-kata mbak dwi yang terahir itu, apalagi sekarang kalau menurut pengamatan saya, anak sekolah kurang meminati pelajaran sejarah ya mbak.. setiap di tanya sejarah jawabnya tidak tau.. itupun sambil pasang muka cuek hehehehe

Balas

Jasanya sangat luar biasa pangeran antasari. seorang ningrat, sangat merakyat.
Tidak seperti ningrat orang jaman sekarang,

Balas

yay nambah wawasan lahi dari blog ini.. ^^
makasih ya mbak

Balas

bicara masalah Pahlawan, orang Indonesia memang tiada duanya gak hanya Pangeran Antasari tapi semua Pahlawan dari Sabang sampai Merauke

Balas

sangat menghibur dan menambah wawasan gan,,,, ada lucunya,, ternyata cacar bisa membunuh juga ya,,, aku sangat suka blog ini,, penuh informasi yang luar biasa. :D

Balas

KISAH SUKSES Mardiana; lolos PNS guru lingkungan PEMDA lampung
Assalamu Alaikum wr-wb, Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di sekolah dasar sumatra, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 30 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah,namun teman saya memberikan no tlp Bpk JOKO SUTRISNO yang bekerja di BKN pusat yang di kenalnya di jakarta dan juga mengurusnya jadi PNS, saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim Berkas saya melalui Email, alhamdulillah No Nip dan SK saya akhirnya keluar, Jadi apapun keadaan anda skarang jangan pernah putus asa dan terus berusaha, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasih jalan, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya Hubungi saja Bpk Drs JOKO SUTRISNO SH,Msi Tlp:0823-21677798 Siapatau Beliau Masih Bisah Bantu.

Balas

Pahlawan memang baru diakui lama setelah wafatnya

Balas

Sosok Pahlawan penting untuk semangat nasionalisme, kunjungan balasan ya ke blog saya www.goocap.com

Balas

Berkomentarlah dengan baik, diharapkan komentar sesuai Isi Artikel.
Dilarang keras meninggalkan link aktif ataupun iklan dikolom komentar.