Candi Agung Amuntai

7:00 AM
Assalamualaikum sahabat blogger, gimana kabarnya? Semoga dalam keadaan sehat wal'afiat yaaa :). Di pagi yang cerah ini, +DwiAlfina akan berbagi pengetahuan seputar candi agung yang berada di Amuntai, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.


Candi Agung Amuntai
Candi Agung Amuntai
Candi Agung adalah sebuah situs candi Hindu berukuran kecil yang terdapat di kawasan Sungai Malang, kecamatan Amuntai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan. Candi ini diperkirakan peninggalan Kerajaan Negara Dipa yang keberadaannya sezaman dengan Kerajaan Majapahit.

Candi Agung Amuntai merupakan peninggalan Kerajaan Negara Dipa Khuripan yang dibangun oleh Empu Jatmika abad ke XIV Masehi. Dari kerajaan ini akhirnya melahirkan Kerajaan Daha di Negara dan Kerajaan Banjarmasin. Menurut cerita, Kerajaan Hindu Negaradipa berdiri tahun 1438 di persimpangan tiga aliran sungai. Tabalong, Balangan, dan Negara. Cikal bakal Kerajaan Banjar itu diperintah oleh Pangeran Suryanata dan Putri Junjung Buih dengan kepala pemerintahan Patih Lambung Mangkurat. Negara Dipa kemudian berkembang menjadi Kota Amuntai.

Candi Agung diperkirakan telah berusia 740 tahun. Bahan material Candi Agung ini didominasi oleh batu dan kayu. Kondisinya masih sangat kokoh. Di candi ini juga ditemukan beberapa benda peninggalan sejarah yang usianya kira-kira sekitar 200 tahun SM. Batu yang digunakan untuk mendirikan Candi ini pun masih terdapat di sana. Batunya sekilas mirip sekali dengan batu bata merah. Namun bila disentuh terdapat perbedaannya, lebih berat dan lebih kuat dari bata merah biasa. Batu bata yang ditemukan berukuran besar mirip dengan batu bata yang juga ditemukan situs candi Kayen di Dusun Buloh Desa Kayen di Jawa Tengah.

sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Candi_Agung
Previous
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

74 comments

Terima kasih infonya, sangat menarik dan bermanfaat sekali, ternyata di Kalimantan Selatan ada candi ^_^

Balas

Semoga cagar budaya bangsa Indonesia berupa candi-candi peninggalan sejarah akan tetap dipelihara dengan baik, termasuk Candi Agung Amuntai, mbak dwi...

Balas

kabar sehat alhamdulillah neng ... ;)

eh bangunannya kok kya pendopo yah ... hehe

Balas

Peninggalan sejarah seperti ini harus kita lestarikan supaya bisa dinikmati ileh generasi penerus :)

Balas

menarik mba nih sejarah candi nya tp kok jauh bnget y?

Balas

Peninggalan sejarah yang patut dijaga
nice info mbak dwi

Balas

menarik kisah sejarahnya..ternyata pembinaan candi2 hindu menyeluruh di nusantara...di Msia terdapat candi Lembah Bujang yg usianya ribuan tahun...

Balas

itulah hebatnya orang dulu, bangunan dibuat dengan seadanya tapi tetap kokoh sampai sekarang

Balas

sudah lama sekali ternyata candi itu ya mbak.. yg penting candinya harus terus dilestarikan,, karna itu bagian dari sejarah kita.. :D

Balas

iyaa ;) dihari libur tempat ini sangat banyak dikunjungi oleh wisatawan dari dalam maupun luar kota :) luar negeri juga sering sih :D

Balas

kurang tau ya kang :) mungkin arsiteknya sama :D

Balas

setuju sama kang yobert :)

Balas

maksud dari kata jauh apa ya kang? jauh lokasinya atau gimana?

Balas

bener, agar generasi muda mengetahui dan menghargai peninggalan peninggalan bersejarah

Balas

waahh kapan kapan sharing yaa makcik tentang candi Lembah Bujang :)

Balas

peninggalan sejarah yang perlu di jaga itu mbak, lumayan penarik wisatawan ke amuntai :D :D

Balas

orang dulu itu luar biasa :) mereka mengerjakannya dengan hati kali yah :D klo sekarang kan pake mesin :D

Balas

bener, kalo bukan kita siapa lagi yang melestarikan :)

Balas

bener, tiap hari libur pasti rame :)

Balas

Peninggalan sejarah yang perlu dilestarikan dan dipromosikan....salam sukses slalu buat adminnya

Balas

loh candinya mana mbak kok nggak keliatan.. apa di dalam rumah besar itu ya candinya mbak.. apa memang rumah besar itu yang di sebut candi..? hehehehe

oya ada sesuatu di blog saya mbak.. silahkan di lihat dan di ikutin petunjuknya hehehehe

Balas

Di lihat dari namanya itu nama candi yang bagus..
Candi agung amuntai ... Apa kira" makna dari amuntai yaa

Balas

salam sukses juga buat anda yang sudi berkomentar di blog yg freak ini :)

Balas

salah satu tempat kebudayaan yg mesti di jaga terus ni,warisan sejarah masa lalu

Balas

amuntai itu nama kota beb :)

Balas

Lagi Liburan.. keknya banyak yang rekreasi di candi agung amutai ini :D

Balas

hikz hikz biarpun saya libur tetap tidak akan sempat untuk jalan2 apalagi kalau ke candi agung hikz hikz

Balas

kyka arsiteknya sya apa yah ...xixiixixixixi :D

Balas

Kayaknya enak tuh untuk tempat berlibur, kapan2 kesono ah ( kapan2 :D )

Balas

Wow... Usia candinya 740 Tahun..
Tua tapi Kokoh..
Terbuat dari apatuh Candi ??

Btw, Nice Artikel... :)

Balas

oh ini, pemandangan indah. saya baru tahu

Balas

sangat lengkap infonya...thanks 4 sharing yaa...

Regards,
-Strider-

Balas

semoga suatu saat nanti saya bisa berkunjung ke candi agung amuntai, keren sekali ya ka ;)

Balas

Itulah hebatnya orang terdahulu, hanya dengan batu dan kayu mampu membuat bangunan yang sampai sekarang belum punah kemakan zaman, manusia modern harusnya belajar dari mereka, kita teliti kandungan yang ada didalam batu atau kayu itu. :) Salam sukses mba dwi.. sharing yang bagus

Balas

mantap ane baru tau candi itu tuh gan hehe

Balas

Wa wah di Kalimantan Selatan ya. Saya di Kalimantan Barat nih
Apa ada penerbangan langsung ke sana ya?

Balas

kapan kapan berkunjung yaa :D

Balas

itulah hebatnya orang dulu, mereka membuat sesuatu dengan hati, klo orang sekarang yg bisa disebut org modern membuat sesuatu dengan mesin :D

hehee salam sukses juga kang ;)

Balas

hehe ditunggu kunjungannya ke amuntai :D

lah kok manggil kaka? harusnya kan manggil dek :p

Balas

tanya sama orang yg membuat aja gan :D wkwk peace

Balas

iya dong, ditunggu aja kedatangannya ke amuntai :D

Balas

bener, kalo lagi liburan banyak banget wisatawan yang datang :) dari luar maupun dalam daerah, gak jarang juga ada yg dari luar negeri

Balas

candi agung itu artinya candi besar ya mbak? hehehe :D oh iya, ditunggu follow back dan kunjungannya ya? :*

Balas

wisata candi, ternyata menyenangkan yaa say....jadi ngerti sejarah dari relief2 yg ada di candi

Balas

Apa ada hubungannya dengan yang di Jawa ya.. Kahuripan dan daha juga ada di Jawa kalo enggak salah

Balas

Bahan utama candi ini terbuat dari batu bata? Di Kalimantan sulit cari baru kayaknya beda dengan candi candi di tanah jawa kebanyakantebuat dari batu vulkanik yang mudah di bentuk kotak kotak hingga mudah di tata

Balas

kok bentuk bangunan candi nya mirip rumah ya mbak. Beda banget sama candi borobudur, prambanan, dkk Mungkin itu ciri khas dari candi banjar masin kali ya :)

Balas

Ternyata di kalimantan ada candi juga ya...baru tau

Balas

nyimak aja deh ane gak tau betul candi agung itu apa ;)

Balas

umur candinya hampir sama dengan umur belanda jajah indonesia, paling cuma beda 400 sampai 500 tahun,wkwkwkwkwk

Balas

namanya hampir mirip ama Muangthai. Apakah ada hubungannya? :)

Balas

Selamat malam Mbak Dwi wah sangat Indah yah Mbak
Candi Agung amuntai sangat bersih dan rafi bisa |o|
Buat liburan tahun baru nih Mbak makasih sudah berbagi :-bd

Balas

Ternyata bukan di Pulau Jawa saja ada Candi yah Mba Dwi
Sangat menyejukan pandangan Mata dan bisa hadir berdarmawisata nih :-bd

Balas
This comment has been removed by a blog administrator.

Kebetulan juga punya temen didaerah hulu sungai utara, temen satu jurusan, karena saya masih kuliah di Jogja. Kapan - kapan kalau finance mencukupi tak maen kesana, biar bisa ketemu juga sama mbak dwi yang cantik :D

Balas

Saya belum pernah sama-sekali ngunjungin candi :(

Balas

Wa'alaikumsalam, baik mbak, Kalsel ada candinya ya mbak, makasih mbak informasinya :)

Balas

weh, tua sekali usianya ya mbak, 740 tahun..wkwkwk

Balas

meskipun sudah lama sekali tapi candi agung ini masih kelihatan bagus dan terawat yah mbak, memang harus dilestarikan sebagai peninggalan sejarah :)

Balas

Penulusuran sejarah yang sangat bagus Mbak. Senang kami membacanya untuk menambah pengetahuan sejarah.

Balas

Candinya cakep, kayak yang punya blog. :D
salam kenal mbak cantik, :)

Balas

Ternyata pendahulu kita beragama hindu ya sis..
semoga nanti pas main ke amuntai bsa main kesana.

Balas

Peninggalan sejarah masa lalu yang perlu terus dilestarikan sebagai kekayaan budaya dan sejarah bangsa Indonesia yang sangat unik dan tiada duanya di dunia ini. Menarik sekali bila bisa berkunjung kesini. Dunia wisata yang penuh pesona. Salam cemerlang!

Balas

Indonesia gudangnya sejarah dan candi, banyak banget hohoho mau coba kesana tapi jauh banget T_T

Balas

peninggalan jaman dahulu yang harus di lestarikan jangan sampai ilang

Balas

Di klimantan juga ada candi ya Mba, apalagi candi ini baru saya dengar dan tahu dari artikel ini. trims atas infonya.

Salam,

Balas

Nahh Ngini,, Candi Agung Parak Rumahku,,, Candi nya ngintu parak pasar Subuhh,, :D

- Blogwalking Ballxcode -

Balas

Berkomentarlah dengan baik, diharapkan komentar sesuai Isi Artikel.
Dilarang keras meninggalkan link aktif ataupun iklan dikolom komentar.