Resep Amplang, Camilan Urang Kalimantan - D I A K U I N

Wednesday, January 15, 2014

Resep Amplang, Camilan Urang Kalimantan

Assalamualaikum sahabat blogger, gimana kabar kalian semua? semoga semua dalam keadaan sehat wal'afiat yaa. Aamiin. Sebelumnya +Dwi Alfina udah share 3 Oleh-Oleh Wajib Saat Berkunjung ke Kalimantan Selatan

Resep Amplang, Camilan Urang Kalimantan - Kalimantan Selatan mempunyai camilan sejenis kerupuk yang dikenal dengan sebutan "Amplang". Awalnya, bahan baku utama pembuatan Amplang adalah ikan pipih (Notopterus chitala H.B.) yaitu sejenis ikan air tawar yang habitat alamnya adalah sungai dan rawa. Tapi seiring dengan semakin langkanya ikan pipih, perajin amplang memilih ikan tenggiri atau ikan gabus untuk dijadikan bahan baku utamanya dikombinasikan dengan berbagai rempah dan bumbu khas resep turun temurun!  

Resep Amplang, Camilan Urang Kalimantan

Baca Juga : 
Dengan tekstur olahan yang renyah dan lembut, plus aroma dan rasa ikan yang menggoda, hhmm….maknyuus! Dijamin bikin Anda ketagihan! Sentra pembuatan amplang paling terkenal adalah di daerah Kabupaten Kotabaru, tapi sekarang seiring perkembangan pariwisata di seluruh wilayah Kalimantan Selatan yang begitu pesat menjadikan sentra industri amplang mulai meluas dan berkembang di berbagai daerah di Kalimantan Selatan.

Nih +Dwi Alfina sediain juga resepnya, siapa tau sahabat blogger dari luar kota mau mencicipi nikmatnya Amplang. Hehee langsung aja, cekidot

Bahan – bahan yang dibutuhkan :
  1. Ikan Tenggiri/belidak  1 Kilogram
  2. Tepung Kanji  2 Kilogram
  3. Air 750 ml
  4. Garam 4/5 ons
  5. Bumbu penyedap 1/5 ons
  6. Bawang Putih 5 Biji
Cara Pembuatan :
  • Campurkan Ikan, Tepung, Air, Garam dan Bumbu penyedap  diaduk sampai rata. 
  • Adonan dibentuk seperti lenjeran dan besarnya disesuaikan keinginan.
  • Amplang yang telah siap dipotong halus-halus lalu digoreng dalam minyak yang banyak selama lebih kurang 30 menit sehingga benar-benar kering. 
  • Semasa menggoreng, produk hendaklah sentiasa di aduk supaya tidak hangus.
    Amplang yang telah digoreng, ditiriskankan untuk membuang sisa-sisa minyak. 
  • Produk ini dibungkus dalam plastik kedap udara dan disimpan pada suhu rendah serta jauhkan daripada pancaran cahaya matahari langsung dan jauhkan daripada serangan serangga.

Share with your friends

152 comments

  1. wah..... sy jg sering makan amplang mb dwi ,,,, emg rsanya enak dan renyah ... cocok buat ngemil ..... hehehehehe....

    selamat pagi mb dwi ... semoga sehat selalu .... aamiin ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju sama mas choppie memang rasanya renyah sekali dan cocok buat di jadikan lauk dirumah :D

      Delete
    2. kalo kue bingkenya pernah nyoba mb.. rasanya legit.. tapi kalo yang amplang nya belum pernah.. kalo mau buat sendiri pake resep diatas kayanya ribet.. mending titip aja ama mb dwi.. hhe

      Delete
  2. pengen coba bikin amplang nanti ahh makasih dwii resep nya .. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa beb makasih juga udh berkunjung dimari :)

      Delete
    2. asyik asyik mbak mbak mau masak nih siap siap icip icip amplang buatan mbak dwi sama mbak jholy san hehehe

      Delete
    3. hehee silahkan mampir ke banjarmasin buat icip icip :D

      Delete
  3. Kalau mempraktekan resep amplang kayanya tidak deh. Lebih baik beli aja kalau ada. Rasanya enak banget ini kerupuk, saya saja habis banyak kalau makan celiman kerupuk amplang ini. Apalagi kalau dikasih gratis, tis, tis,,,

    Salam

    ReplyDelete
  4. Kayaknya enak tu mbak hehe :)
    kapan-kapan nyoba deh...

    ReplyDelete
  5. wah saya belum familiar nie sama amilan amplang, gimana rasanya sis enak gak?

    ReplyDelete
  6. Ahaaaaaa Kalau sudah nyebut AMPLANG Kalimantan Barat saya tentu langsung merujuk ke AMPLANG dari daerah Ketapang Kriuk Kriuk Gurih dari Ikan Belidah, uhuiiiiiiiiiiiiiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehee kriukkknya nyesss banget, rasanya enak dilidah deh pokoknya :)

      Delete
  7. Aih, saya gak suka makan amplang... ndak tahan bau ikannya, lagi pula saya ndak bisa makan ikan sembarangan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak baunya emang sangat menyengat :) hihihii

      Delete
    2. Makanya kita ndak suka, tp bentuknya macem2 dan unik2 hehehe

      Delete
    3. klau dapet kiriman gak kemakan kirim ke JKT saja Mba :)

      Delete
    4. Siap Pak Indra :)
      pasti tak kirim, tapi tunggu di kirimi dwi dulu yah hehehe :p

      Delete
  8. waaw maknyus ya mbak kelihatannya...saya taunya cemilan kerupuk basah aja mbak, makanan dari putussibau kalbar hehe, kalau amplang baru tau sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo saya malah baru tau dengan putusibau :)

      Delete
  9. kayaknya enak nih.
    kalau ikannya di ganti lele gimana ya?
    di sini susah cari tengiri

    ReplyDelete
  10. bahannya ngk terlalu sulit dicari y mbk
    nntik dicoba ahh
    mksh mbk Dwi

    ReplyDelete
  11. kalo gk ada ikannya pasti saya suka makannya :D

    ReplyDelete
  12. wahh cemilannya dibuat dari ikan tenggiri . . kayaknya enak twuu . . . pengen mencoba cemilan dari Kalimantan nich . . .

    ReplyDelete
  13. Replies
    1. betul gan, saya juga sering menjadikan lauk ;) hehe

      Delete
  14. Sedap dan bergizi tentunya ya mbak, kalau saya dikirimi tidak keberatan lho mbak .. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaa, ongkos kirim agan yg tanggung yak :D

      Delete
  15. Bentuknya unik ya mbak, jadi pengen coba amplang cemilan orang kalimantan

    ReplyDelete
  16. Waah beneran enak tuuhh beib
    Aroma ikannya pasti menggoda..
    Kalau cemilan yg rasanya gurih maaah siap santap niih beib..

    ReplyDelete
  17. Kalau menggunakan ikan jenis lain kira-kira bisa gak ya ? hehe

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  19. SEDAP NI BOLEH DICUBA NANTI TQ BERKONGSI RESEPI...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehee iyaa, tq makcik udah bersinggah di blog ini :)

      Delete
  20. Nah klo yang ini saya sering makan, gurih-gurih gimana gitu hehe :D

    ReplyDelete
  21. Amplang itu lagu ya Mbak, amplang-amplang pisang.... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu ampar ampar pisang kaaa -__-

      Delete
    2. ah masa sih, berarti udah ganti :D

      Delete
    3. oohhh dari awal gitu ya...??? hehehe

      saya pernah sering makan amplang waktu masih tinggal di BaBel Mbak :)

      Delete
    4. hemmm iiya iayaa ;)) sekarang emagn tinggal dimana ???

      Delete
    5. Makasar :D, cuma setahun di bangka belitung dalam rangka praktek lapangan, enak dimakan ma mie goreng tuh

      Delete
  22. ini to resep camilan orang kalimantan
    enak ta?
    hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak dong, klo ga enak gak saya share :D wkwk peace

      Delete
  23. mantapp amplang emang camilan urang kalimantan yang sipp

    ReplyDelete
  24. Waah wawasan baru nih tentang cemilan amplang, hehe
    sebelumnya saya belum tahu mba. Terimakasih. Salam sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama, terimakasih juga udh berkunjung. salam sukses :)

      Delete
  25. mantap....

    ---Salam Damai ridwan-hex blogspot--

    ReplyDelete
  26. Dia hampir dengan sejenis krupuk ya mbak dwi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mbak, itu emang kerupuk, kerupuk ikan lebih tepatnya

      Delete
  27. Hmmmm .. kayaknya enakk Bangett Tuh Mbakkk Amplangnya hehehe Saya Bagi Donk ... Kand Baekk Cantik Lagi :D

    ReplyDelete
  28. pengen coba ah.. hehehe :D

    http:/sharekanterus.blogspot.com/

    ReplyDelete
  29. bro,, izin invite blog nya bro :v

    ReplyDelete
  30. saya nyimak aja mbk ..soalnya gak bisa masak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaa ntar belajar masak dong sama ibunya :D

      Delete
  31. enak amplang.. boleh kak aiza mencubanya nanti..

    ReplyDelete
  32. Kayaknya enak nih amplangnya,tapi bikinya kayaknya susah ya mbak dwi :)

    ReplyDelete
  33. Ini seperti makanan getas / kretek yang berasal dari Bangka.

    ReplyDelete
  34. waahhh enak nihh buat camilan nonton bolaa,,tapi kayaknya ribet :D hehehe
    kunjungan dari Blog imron :D

    ReplyDelete
  35. saya penah makan amplang ni masa ke jakarta / bandung tahun lepas. beli di kartika sari

    ReplyDelete
  36. oh namanya amplang ya. kirain saya apaan nih nama cemilannya. kakak saya juga sering bawa oleh-oleh seperti ini.. makanan khas pulau borneo emang enak-enak ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ;) hehee, oleh oleh kota lain juga gak kalah enak ;)

      Delete
  37. Ternyata membuat amplang tidak semudah memakannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaa, klo terbiasa membuatnya, pasti mudah ;)

      Delete
  38. amplang ini salah satu kuliner kesukaanku saat berada di banjarbaru......keep happy blogging always..salam dari makassar :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti klo kembali ke banjarbaru, bawain oleh2 dari makasar yaa buat saya :D

      Delete
  39. sepertinya cocok buat di jadiin temen bloging

    ReplyDelete
  40. bagus juga artikelnya...

    kalau boleh ngasih saran, ini komentar mending pakai scroll...

    follow back done...

    ReplyDelete
  41. Mantap resepnya mbak ..tp saya coba mau blajar buat,..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. gan cara agar tampilan komentar nya kayak gini gimana sih, sama yang notifikasi itu

      Delete
  42. ternyata nggak begitu sulit ya mbak untuk bikin amplang ini :) boleh dicoba nih :)

    ReplyDelete
  43. Cemilan yang berprotein, bergizi karena ada ikannya...kayaknya enak dan gurih nih!

    ReplyDelete
  44. saya tak pernah makan ini..nanti kalau pergi indonesia boleh laa cuba makan ini...

    Regards,
    -Strider-

    ReplyDelete
  45. Wah, pasti gurih mbak Dwi. Tapi kita cuma bisa memplototi gambarnya doang...hehe...

    ReplyDelete
  46. wah ini camilan kesukaan saya nih saat berkunjung ke kalimantan .... ternyata begitu ya cara membuatnya

    ReplyDelete
  47. belum pernah ini makan amplang, bisa di coba ni resepnya

    ReplyDelete
  48. wah klu di lht si enak kyknya tuh emplangnya.

    ReplyDelete
  49. selamat malam mbak dwi . . .
    komentarnya dapat buntut hehehe

    kalao di daerahku apa ya namanya . . ??
    tanya ke ibu dulu lah hehehe

    ReplyDelete
  50. saya liat dari gambar nya sih mirip cilok / kerupuk kulit yang ada di dekat rumah saya haha :D

    ReplyDelete
  51. Kayak2nya saya pernah makan mba hehe tapi g tau kalo itu khas kalimantan

    ReplyDelete
  52. ketinggalan amplangnya saya, pesan 1 bungkus mbk buat oleh-oleh ke jawa. hehe

    ReplyDelete
  53. maka terpujilah pada orang-orang yang ngeshare cara membuat krupuk amplak.. :))

    ReplyDelete
  54. kalo di jawa ada yang namanya mirip: ampyang...

    ReplyDelete
  55. ijin sedot resepnya nih mbak,saya ingin mencoba membuat ampyangnya,,,ok Terimakaish mbak sudah berbagi,,,,,,,,,,,,,

    ReplyDelete
  56. wah di kota ane jg ada gan. enak klo sma bakso joss lah haha, komeng n follow sukses, dtunggu blzan u :v

    ReplyDelete
  57. gak pernah cicipi, tapi keliahatan enak ya :)

    ReplyDelete
  58. cocok nih buat camilan sambil nonton tv, kapan-kapan kalau ke kalimantan saya coba beli amplangnya sekalian buat oleh-oleh hehe...

    ReplyDelete
  59. owh itu cemilan orang kalimantan tau saya, sering makan

    ReplyDelete
  60. wahh kayanya enak nie...baru denger ada makanan kaya gitu,

    ReplyDelete
  61. Mau dong Amplang yang sudah jadinya. hee....hee...

    ReplyDelete
  62. itu ikannya harus ikan tenggiri pa? di tempat saya susah cari ikan jenis itu, kalau pakai ikan lain gimana?

    ReplyDelete
  63. saya gak pernah makan amplang :D, nanti kalo udah punya istri suruh buat amplang deh

    ReplyDelete
  64. Jadi laper nih ane.. hehe
    Visit and follow back my blog
    www.asfa-id.blogspot.com

    ReplyDelete
  65. kaya kerupuk modelnya, apakah ini sejeni kerupuk ?

    ReplyDelete
  66. ga pernah kepikiran bikin
    enakan beli sambil lewat :D

    ReplyDelete
  67. Wohh keren banget nih resepnya mbak :)
    memang mbak itu top markotop banget

    ReplyDelete
  68. Saya pernah rasain kerupuk yang 1 ini dan sumpah rasanya enak sekaliii, tapi saya ngga punya keahlian untuk memasak seperti mba hahaha nice share mba

    ReplyDelete
  69. nampak sangat sedap :D

    follow sini yaa..
    semoga blog ni dimurahkan rezekiii...aamiiin
    amal singgah sini.. selamat malam...
    jemput singgah blog amal
    http://cikamal.com/custom-made-sticker-kereta.html

    ReplyDelete
  70. Hmmmm...jadi pengen nyobain...aplgi yng masak mbak dwi nya sendiri.hehehee

    ReplyDelete
  71. KISAH SUKSES Mardiana; lolos PNS guru lingkungan PEMDA lampung
    Assalamu Alaikum wr-wb, Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di sekolah dasar sumatra, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 30 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah,namun teman saya memberikan no tlp Bpk JOKO SUTRISNO yang bekerja di BKN pusat yang di kenalnya di jakarta dan juga mengurusnya jadi PNS, saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim Berkas saya melalui Email, alhamdulillah No Nip dan SK saya akhirnya keluar, Jadi apapun keadaan anda skarang jangan pernah putus asa dan terus berusaha, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasih jalan, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya Hubungi saja Bpk Drs JOKO SUTRISNO SH,Msi Tlp:0823-21677798 Siapatau Beliau Masih Bisah Bantu.

    ReplyDelete
  72. kesukaan saya nih
    apalagi amplang buatan yg dijalan cendana tuh (sebelah masjid az zikra)
    klo selesai goreng
    langsung saya beli duluan
    mantab

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan baik, diharapkan komentar sesuai Isi Artikel.
Dilarang keras meninggalkan link aktif ataupun iklan dikolom komentar.