Tradisi Orang Banjar - D I A K U I N

Tuesday, February 4, 2014

Tradisi Orang Banjar

Assalamualaikum sahabat blogger, gimana kabar kalian? semoga dalam keadaan sehat wal'afiat yaaa. Aamiin. Hari ini +Dwi Alfina bakal share "Tradisi Orang Banjar", langsung aja cekidot..

Tradisi Orang Banjar

Berikut beberapa kesenian/budaya khas daerah Kalimantan Selatan yang pada masa sekarang ini tampaknya sudah menjadi asing bagi masyarakatnya sendiri. Untuk itu disini aku akan memberikan sedikit gambaran dari kesenian-kesenian/budaya-budaya tersebut agar setidaknya kita (khususnya masyarakat Kalsel), masih bisa mengenal, mencintai, melestarikan dan mengembangkan kesenian/budaya khas daerah kita yaitu Kalimantan Selatan

1. MADIHIN 

Madihin berasal dari kata madah, dalam bahasa Arab artinya nasihat, tapi bisa juga berarti pujian. Puisi rakyat anonim banjar di Kalimantan Selatan saja. Sehubungan dengan itu, definisi Madihin dengan sendirinya tidak dapat dirumuskan dengan cara mengadopsinya dari khasanah di luar folklor Banjar. bergenre Madihin ini cuma ada di kalangan etnis. 

Selain itu madihin juga di artikan sebagai kesenian khas banjar (kal-sel), madihin adalah sejenis kesenian bermusik yang menggunakan gendang seperti rebana dan pelantun yang berkata bijak, biasanya kata-kata dari pelantun madihin keluar secara sendirinya tanpa dibuat atau dihafal sebelum bermadihin, jadi tidak semua orang bisa menjadi pelantun madihin. 

Madihin bisa dimainkan sendiri ataupun berdua dengan bergantian. di daerah banjar sendiri pelantun madihin yang lumayan terkenal seperti Jon Tralala.

2. BAUSUNG
Budaya Orang Banjar
Pengantin Bausung
Budaya bausung adalah salah satu budaya unik yang tumbuh dan berkembang di Kalimantan Selatan. Bausung diambil dari kata usung artinya gendong. Sepasang mempelai sebelum disanding di pelaminan terlebih dahulu diusung oleh dua orang penari. Diiringi gamelan, dua orang penari sambil menggendong kedua mempelai menari mengikuti irama gamelan ditengah pandangan para undangan yang menyaksikan acara tersebut.
3. TANGLONG 
Tradisi Orang Banjar
Tanglong
Tradisi budaya suku Banjar yang satu ini, menjadi salah satu warisan yang masih dipertahankan dari Ramadan ke Ramadan. Namanya Tanglong Salikuran atau Pawai Lampion Hias  pada Malam 21 Ramadan. Kemeriahan pun terpancar di sepanjang jalan-jalan utama Banjarmasin yang menjadi rute pelintasan peserta pawai tanglong.

Lampion yang diarak, bukan lampion biasa. Sebab bentuk dan model lampionnya merupakan simbol kegiatan keislaman. Dari bentuk miniatur masjid, onta padang pasir, jamaah haji, rumah adat Banjar, beduk hingga  bentuk replika burung buraq.  

Bahan lampion menggunakan kertas  berwarna warni dan sejumlah kain yang ditopang rotan dan bilah bambu sebagai kerangka. Pembuatan tanglong biasanya dikerjakan keroyokan dengan dana urunan (patungan) antarwarga. Diperlukan waktu seminggu hingga 15 hari untuk membuatnya. Lampion ini biasanya dibuat di atas becak, sepeda, sepeda motor, hingga mobil.

Konon tradisi tanglong ini sudah ada sejak munculnya Islam di tanah Banjar. Dulunya warga akrab dengan Badadamaran atau menyalakan lampu dari getah kayu damar. Lampu-lampu pelita ini biasanya mereka pajang di halaman rumah dan pinggiran jalan sejak malam 21 Ramadan hingga menjelang Lebaran.

Namun sejak 25 tahun silam, tradisi badadamaran ini memudar seiring habisnya damar dan tergantikan dengan pelita dari sumbu kain yang diletakkan di botol syrup bekas atau kaleng kemasan. Seiring waktu, tradisi memajang lampu ini perlahan bergeser pola dan bentuknya. 

Tidak lagi sekadar nyala lampu tetapi tergantikan dengan lampion-lampion bersolek dengan warna-warna cemerlang yang berbentuk simbol dan panji keislaman. Sehingga suasana kemeriahan Ramadan terus terjaga di malam hari, terutama bagi warga yang kerap beritikaf di malam-malam ganjil bulan Ramadan.

Sebab di malam-malam itu pula Allah SWT menjanjikan akan menurunkan Lailatul Qadar, sebagai malam paling dinanti dan diimpikan umat muslim di segala semesta alam. 

Sekian dulu artikel "Tradisi Orang Banjar" semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua .. Aamiin

Share with your friends

101 comments

  1. adat tradisi banjar yg unik dan menarik....

    ReplyDelete
  2. wawww...ini salah satu kekayaan bangsa kita :)

    ReplyDelete
  3. hanya mampir :p
    ane sudah follow blog ini :)
    salam dari Aldionz Blog
    hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa makasih kunjungannya :) makasih juga follownya;)

      Delete
  4. Tradisi budaya memang harus kita lestarikan,, jangan sampai nanti anak cucu kita tidak pernah tau bahwa bangsa ini kaya akan budaya dan seni.
    mbak Dwi sudah saya follow blognya follow back ea

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa gan harus itu,

      oke oke segera meluncur untuk follow blog agan :)

      Delete
  5. Tradisi setiap daerah harus lebih banyak dikenalkan, karena ini adalah termasuk kekayaan budaya Bangsa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget, kesadaran pemuda penerus bangsa harus sangat diperhatikan. karena klo bukan mereka yg melestarikan, siapa lagi?

      Delete
  6. Indonesia kaya akan budaya.Perlu di lestarikan.jangan sampai di caplok negara lain

    ReplyDelete
  7. mantaaaap ifo baru nih :D
    mantaaaap gan :D
    jgn lupam mampir balik :D
    salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehee iyaa salam kenal juga ;)

      tadi udh berkunjung, tapi gada postingan baru, jadinya ga komen deh :p

      Delete
  8. wah.. unik sekali tradisi orang banjar..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehee iya kak, tradisi Negara Serumpun gimana? share dong

      Delete
  9. kalo ngepost nya tentang tradisi tradisi banjar pasti mbaknya orang jawa ya? ya kan, ketahuan bangeet ! :D



    aku tunggu komentarnya di blog ya? kalo follow pasti tak follbeck. cius ! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ihh sotoy deh, saya mah org banjarmasih keles :D

      iyaa iyaa segera ke TKP

      Delete
  10. saya suka yang madihin mba.. soal nya saya orang banjar heheh ..
    Ummayyy heeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. emmmm madihin emang rame, lucu :)

      tq udh berkunjung

      Delete
  11. menarik jugak tradisi orang bajar nie rupanya....

    Regards,
    -Strider-

    ReplyDelete
  12. Tradisi sama halnya dengan budaya, dan setiap daerah di indonesia memiliki tradisi atau budaya khas nya masing2. Kita patut melestarikan budaya itu sebagai bentuk apresiasi terhadap nenek moyang kita yang telah menciptakan, serta sebagai salah satu bentuk kecintaan kita terhadap daerah dan umumnya untuk indonesia :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wiiih komentar jempolan :) 100 buat anda :)

      makasih udh berkunjung dimari

      Delete
  13. kebayang dh ramainya 10 malam terakhir Ramadhan di Banjar..
    yg pasti Tanglong bakal menambah semangat untuk beritikaf :)

    ReplyDelete
  14. waa,, jadi tau ane tradisi orang Banjar,, kalo ada uang ke Kalimantan ahh,, :v salam kenal ya,, kalo ada waktu jgn lupa back ke blog ane,, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehee iya siap kang :) salam kenal balikk. siap meluncur ke tkp :D

      Delete
  15. disahring juga ya sist .. makin keren saja artikelnya .. :')

    ReplyDelete
  16. wah ternyata rame juga budaya tradisional orang bugis.. sebenernya sih budaya tradisional itu lebih bagus sih tapi mungkin agak ribet menurut kebanyakan orang jaman sekarang..

    nggak di manapun yang namanya kebudayaan tradisional sudah mulai di tinggal kan.. namun kalau nanti budaya yang sudah di tinggalkan itu di claim oleh negara lain, baru deh triak triak kayak orang kebakaran jenggot.. hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehee iyaa, makanya sebagai generasi muda kita harus melestarikannya :)

      Delete
  17. wah ternyata rame juga budaya tradisional orang bugis.. sebenernya sih budaya tradisional itu lebih bagus sih tapi mungkin agak ribet menurut kebanyakan orang jaman sekarang..

    nggak di manapun yang namanya kebudayaan tradisional sudah mulai di tinggal kan.. namun kalau nanti budaya yang sudah di tinggalkan itu di claim oleh negara lain, baru deh triak triak kayak orang kebakaran jenggot.. hehehehe

    ReplyDelete
  18. indonesia memang kaya akan kekayaan alam dan budayanya ya.. kita sebagai warga indonesia harus bangga dan kalo bisa turut serta dalam melestarikannya

    ReplyDelete
  19. belum pernah lihat langsung, tapi sudah terwakili disini, bagian dari warisan kekayaan budaya tanah air, mesti dilestarikan bersama spy tdk punah

    ReplyDelete
  20. Indonesia memang kaya akan tradisi yah..

    ReplyDelete
  21. yap betul. sejarah family saya pun orang banjar..
    tradisi yang unik..cuma sekarang dah tak berapa paham sangat kalau nenek or atuk cakap dalam bahasa banjar..but still can understand.. a few words..macam..
    guring tidur..lawang tingkat.. nampaknya nanti kena blajar balik bahasa banjar...nice sharing sis :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang tinggal di Malaysia ya?

      Delete
    2. ya memang orang malaysia..
      mungkinlah susur galur keturunan banjar..he..he
      itulah skarang tengah belajar balik cara2 bcakap bahasa banjar..

      Delete
  22. yg Tanglong itu unik banget.., pesta lampion dgn berbagi bentuk :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, acara ini dilaksanakan tiap ramadhan :)

      Delete
  23. Sering lewat Banjar, tapi belum pernah lihat langsung kesenian banjar seperti ini.

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa bausung dang madihin emang sudah hampir dilakukan, klo tanglong selalu ada atau bisa dikatakan rutinitas tiap bulan ramadhan :)

      Delete
  24. indonesia memang kaya akan budaya yg beraneka ragam ... :) salam ukhuwah mb dwi alfina ,,,,

    ReplyDelete
  25. tradisi yang harus di pertahankan ini mbak, bila perlu usulkan saja ke pemda setempat supaya di buat hak paten nya, takutnya di ambil negara lain seperti yang sudah-sudah
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ide bagus kang, nanti saya bicarakan ke orang penting di kota saya, biar mereka yg lapor ke pemda

      Delete
  26. memang bagus2 dan unik tradisi di negri tercinta kita ini..
    termasuk banjar salah satu'a.. :)

    ReplyDelete
  27. tradisi unik yang masih kental dimasyarakat kita, perlu dilestarikan sebagai budaya adat, saling indonesia

    ReplyDelete
  28. Indonesia selain kaya sumber daya alam, juga ky akan budaya..
    tp sayangnya bangsa indonesia kurang pintar dalam memnfaatkan anugra dari Alloh..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan kurang pintar gan, tapi agak malas aja, padahal aslinya masyarakat indonesia itu pintar :)

      Delete
  29. Kunjungan pertama, mantap infonya, salam kenal kunbal ya http://zamusik.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. tanpa anda tulis "kunbal" saya akan kunjungi blog anda :)

      Delete
  30. Semakin berkembangnya zaman, budaya tradisional sudah terpinggirkan ya mba, banyak orang bilang harus dilestarikan, Tapi cuma ucapannya saja ya, Toh kenyataan untuk melaksanakannya aja sulit :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya,, minimnya kesadaran masyarakat sehingga banyak tradisi yg lenyap

      Delete
    2. bener tuh, mungkin karena orang-orang lebih memilih ke hal yang lebih modern..

      Delete
  31. Kekayaan budaya Bangsa ini sangat banyak ragamnya, I like it

    ReplyDelete
  32. Memang di negara kita sangat banyak ragam budaya yang turut memperkaya budaya bangsa kita.. salah satunya seperti tradisi orang Banjar.

    ReplyDelete
  33. di tiap-tiap daerah di Indonesia mempunya tradisi sendiri-sendiri,dan dari masing-masing daerah punya ciri khas tersendiri,walaupun banyak namun tidak ada yang sama,itulah hebatnya Indonesia,,,,,

    ReplyDelete
  34. salah satu peninggalan nenek moyang yang harus tetap dilestarikan

    ReplyDelete
  35. kunjungan balik...
    harus dilestarikan itu... :D

    ReplyDelete
  36. wah tradisinya cukup unik juga ya.... =D
    thanks sis infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama sama ;) makasih juga udh berkunjung ..

      Delete
  37. Terima kasih share artikelnya, jadi tahu tradisi budaya daerah lain meskipun Boku orang jawa..

    ReplyDelete
  38. setiap daerah pasti punya tradisi ya kak :)

    ReplyDelete
  39. tradisi2 yg masih ada kaitannya dgn syiar agama, memang perlu dilestarikan,.. tp kebanyakan tradisi dari nenek2 moyang kita sangat peka dengan ajaran agama..

    ReplyDelete
  40. tradisi orang banjar benar2 unik n menarik ya mbak ;)

    ReplyDelete
  41. wah budaya bausung unik juga yah mbak, pasti seneng banget yang menggendong pengatin wanitanya yah hehe...

    ReplyDelete
  42. nah ini nih ,, yang saya lebih suka nya.
    madihin itu na. hehehe nanyi nya lebih hot deh kayak nya sist wkwkwkw..
    :D

    ReplyDelete
  43. jadi lebih tahu tradisi indonesia di bagian lain, makasih sist :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mampir lagi nih sekalian follow blognya :D

      Delete
  44. Nah, harus dilestarikan dan dijaga itu :D

    ReplyDelete
  45. Keren infonya, sangat bermanfaat sekali :)

    ReplyDelete
  46. tradisional banget.. berlum pernah lihat langsung, tapi pernah lihat di tipi tipi gitu :D .

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan baik, diharapkan komentar sesuai Isi Artikel.
Dilarang keras meninggalkan link aktif ataupun iklan dikolom komentar.